rss

Sunday 19 July 2009

Cegah Penyakit Jantung dengan Anggur Merah

Buah ini merupakan sumber flavonoid terbaik berkhasiat memperlancar aliran darah.
Anda mungkin pernah mendengar teori The French Paradox bahwa minuman anggur merah (red wine) dapat mengurangi risiko serangan jantung. Dipercayai bahwa alkohol dalam red wine-lah yang membantu mencegah penyakit jantung.

Teori ini kemudian dijungkirbalikkan oleh sekelompok peneliti di negara Barat. Dikatakan, bukan alkohol pada red wine yang menurunkan kadar kolesterol darah, akan tetapi senyawa antioksidan yang disebut flavonoid-lah yang punya peran itu.

Buah anggur yang berwarna merah dan ungu merupakan makanan sumber flavonoid terbaik (anggur hijau yang sesungguhnya berwarna putih atau pucat tidak mengandung flavonoid ini). Flavonoid seperti quercetin dan catechin, berkhasiat memperlancar aliran darah dalam tubuh, mencegah reaksi oksidasi kolesterol LDL dan mengurangi terbentuknya plak di pembuluh darah.

Heart information network melaporkan bahwa sekelompok orang yang diberi jus anggur merah (dibuat dari 130 - 270 gram) per hari, setelah 2 minggu ternyata aliran darahnya lebih lancar.

Meskipun red wine juga mengandung flavonoid, alkohol yang terkandung pada minuman tersebut memberikan efek gangguan pada hati, maka disarankan lebih baik meminum jus anggur merah ketimbang red wine. Dengan meminum satu sampai dua gelas jus anggur


Bookmark and Share

2 comments:

Unknown on 28 March 2011 at 18:03 said...

Info yang sangat bermanfaat, ayo menanam anggur, kunjungi www.thomasgrape.blogspot.com untuk panduannya. Semoga bermanfaat.

Unknown on 8 October 2016 at 05:26 said...

A map was studied by Columbus before the trans-Atlantic cruise that had been cleaned using computer software
suksestoto


Post a Comment

 

Followers

About Me

My photo
Rengat, Riau, Indonesia
Tidak ada yang spesial dari seorang pelajar SMA Negeri 1 Rengat, yang gila ngeblog dan ingin berbagi mengenai computer internet dan masih terus belajar khususnya tentang blogspot, joomla. Blog yang didedikasikan untuk seluruh manusia yang membutuhkan informasi yang sekiranya bermanfaat.