rss

Saturday 9 May 2009

20 Langkah Membangun Rasa Percaya diri

Tak dapat dipungkiri kita semua pasti pernah mengalami rasa tak percaya diri sesekali waktu. Adakalanya agak sulit untuk membangkitkan kembali rasa percaya diri itu sewaktu kita sedang membutuhkan. Sebenarnya ada latihan sederhana yang dapat dipraktekkan untuk mendapatkan rasa percaya diri Anda agar kembali ke jalurnya secepat mungkin saat dibutuhkan.
Rasa percaya diri bukanlah karunia pemberian dari Tuhan tetapi hasil dari upaya yang terus-menerus untuk membangunnya

Ketika Anda memiliki rasa percaya diri, maka anda akan tahu bagaimana caranya harus hidup. (Goethe)

Rasa percaya diri adalah kunci rahasia pertama dari sukses seseorang. (Ralph Waldo Emerson)


1. Ingatlah untuk selalu bersikap wajar. Hindari sikap yang dibuat-buat, pura-pura, over acting, atau mencari perhatian.

2. Perhatikanlah sikap tubuh Anda. Hindari sikap yang berkesan malas, loyo dan tidak bergairah. Belajarlah dari bintang-bintang film di televisi. Anda pasti bisa menilai perbedaan sikap orang yang PD dan kurang PD.

3. Ketika berbicara, perhatikan nada suara, usahakan untuk melafalkan setiap kaa dengan jelas, tidak menggumam, mendesis ata berbisik. Selain itu, pAndanglah mata lawan bicara, jangan menunduk, atau memAndang kearah lain.

4. Usahakanah mengucapkan kata terima kasih dengan mantap dan tulus.

5. Bersikaplah tegas. Jangan katakana ‘Ya’ pada saat hendak mengatakan ‘Tidak’. Menjadi yesman mungkin aman tapi tidak sehat bagi harga diri Anda.

6. Lakukan segera apa yang bisa dilakukan sekarang. Hindari kebisaan menunda dengan alas an malas atau tidak suka melakukannya. Peundaan bisa menghamba perkembangan rasa percaya diri Anda.

7. Kenalilah kelebihan, kekurangan dan kelemahan diri sendiri. Kembagkanlah potensi diri dan perbaikilah kekurangan. Terimalah kelemahan yang tidak bisa diubah, dan beranilah mengubah kelemahan yang bisa diubah.

8. Berusahalah selalu untuk tampil bersih dan rapi. You feel great when you look good. Anda akan merasa nyaman ketika Anda tampil dengan baik.

9. Berusahalah untuk memperluas wawasan dan menambah pengetahuan. Orang yang percaya diri umumnya bikan tipe katak dalam tempurung.

10. Berusahaah untuk memnjadi ahli atau profesional dalam bidang tertentu meskipun tidak menjanjikan popularitas.

11. Bila diperlukan, jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain. Namun berjiwa besarlah untuk menerima penolakan.

12. Hindari kebiasaa mengeluh dan menggerutu. Curahkanlah isi hati hanya kepada orang yang tepat.

13. Kendalikanlah persaan-perasaan negaif. Jangan larut dalam perasaan sedih, frustasi, iri hati, dan sakit hati. Semua itu bisa merusak rasa percaya diri Anda.

14. Ketika membicarakan orang lain, bicarakanlah kelebihan dan kebaikannya saja, bukan kekurangan atau keburukannya. Pribadi yang percaya diri tidak superior dengan cara menjelekan orang lain, dan tidak merasa inferior Karena memuji orang lain.

15. Bila memungkinkan, bantulah orang lain menyelesaikan masalahnya. Tapi bukan untuk ikut campur dalam urusannya.

16. Beranilah mengakui kesalahan, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Jangan menutup-nutupinya.

17. Beranilah mencoba hal-hal baru yang menantang atau yang selama ini Anda hindari dengan alasan takut. Misalnya bicara dengan orang asing mengikuti lomba karoke, dsb

18. Jangan memberi gelar konyol kepada diri sendiri. Dan jangan mau juga ditempel gear konyol oleh orang lain. Misalnya : si gembrot, si cebol, si tuyul, dsb

19. Nikmati hidup. Tenangkanlah pikiran yang kacau, lepaskanlah beban dan raihlah kegembiraan. Carilah aktifitas yang menyenangkan misalnya berenang, nonton, main komputer, atau apa saja yang Anda senangi.

20. Bayangkan diri Anda sebagai pribadi yang percaya diri dan bersikaplah sebagai orang yang percaya diri. Lama-kelamaan Anda akan benar-benar lebih percaya diri.


Bookmark and Share

0 comments:


Post a Comment

 

Followers

About Me

My photo
Rengat, Riau, Indonesia
Tidak ada yang spesial dari seorang pelajar SMA Negeri 1 Rengat, yang gila ngeblog dan ingin berbagi mengenai computer internet dan masih terus belajar khususnya tentang blogspot, joomla. Blog yang didedikasikan untuk seluruh manusia yang membutuhkan informasi yang sekiranya bermanfaat.