rss

Wednesday 4 February 2009

Mengubah Folder Standard Untuk Install Software

Secara default Windows XP akan menginstall semua aplikasi dalam folder “Program Files” di drive C. padahal drive C yang anda miliki kapasitasnya sudah minim. Partisi yang lainnya seperti drie D atau E justru memiliki kapasitas yang besar. Apakah settingan awal Windows ini bias di ubah? Jawabanya tentu saja bisa. Anda bisa mengubah setting flder untuk meletakan file-file instalasi dari berbagai aplikasi supaya “masuk” ke dalam folder yang diinginkan (bukan folder “Program Files”). Namun, untuk melakukannya, anda harus mengubah beberapa susunan registry Windows.

Sebagai langkah awal anda harus menyiapkan sebuah folder khusus yang akan dijadikan folder standard tempat menyimpan file-file instalasi dari berbagai aplikasi Windows. Oleh karena itu buat sebu folder baru dalam sebuah partisi, misalnya “D:\Aplikasi”. Apabila anda memiliki beberapa partisi, folder tidak harus didalam drive C: apa bila telah selesai kita lanjutkan ke lagkah berikutnya, yaitu mengedit registry.


1. Buka registry editor dari menu START > Run
2. Ketikkan regedit jika program registry editor telah terbuka pilih.
[HKEY_LOCAL_MACHINE]>[Software]>[Microsoft]>[Windows]>[CurentVersion]

3. Cari entry bernama [ProgramFilesDir] ubah value datanya dengan alamat folder favorit anda (D:\Aplikasi). Setelah itu klik OK
4. Selanjutnya cari lagi entry bernama [ProgramFilesPath] ubah value datanya dengan nama folder favorit anda dengan tambahan tanda “%” untuk contoh ini berarti anda harus mengetikan “%Aplikasi%” (tanpa tanda kutip) lalu klik OK

5. Restart PC anda

Anda dapat menguji trik ini dengan lakukan instalasi salah satu aplikasi dari koleksi program-program Windows anda. Lihat perubahannya saat program instalasi mengonfirmasi folder standar untuk menyimpan file-filenya.

Selamat mencoba


Bookmark and Share

0 comments:


Post a Comment

 

Followers

About Me

My photo
Rengat, Riau, Indonesia
Tidak ada yang spesial dari seorang pelajar SMA Negeri 1 Rengat, yang gila ngeblog dan ingin berbagi mengenai computer internet dan masih terus belajar khususnya tentang blogspot, joomla. Blog yang didedikasikan untuk seluruh manusia yang membutuhkan informasi yang sekiranya bermanfaat.