rss

Friday 23 January 2009

Vir. VBS Generator

Kita dapat menciptakan virus jenis VB-Script hanya dengan bermodalkan Notepad. Bisa membuatnya dari nol ataupun memodifikasi dari virus yang sudah ada. Namun masih ada cara yang lebih mudah lagi, yakni menggunakan program virus generator. Jika dahulu, ada programer dari Argentina dengan nick name [K]alamar, pembuat VBSWG (VBS Worm Generator) yang sangat terkenal, kini ada pembuat virus lokal yang juga ingin mengikuti jejaknya dengan membuat Generator virus berjenis VBScript ini.

Vir.VBS Generator

Virus generator ini memiliki user interface yang terbilang simpel. Pengguna akan disuguhkan beberapa opsi atau pengaturan. Mulai dari pengaturan nama virus, nama file induk virus, lokasi penyebaran, penyamaran, dan juga pertahanan. Hanya cukup memilih opsi yang diinginkan dengan cara mencentangnya ([1]), lalu menekan tombol Create, tak lama kemudian virus baru akan tercipta. Ya, hanya semudah itu membuatnya.

Tampilan Vir. VBS Maker



Duplikat File

Pembuat virus dapat menentukan extension file mana saja yang akan diserang, di antaranya doc, xls, ppt, rtf, rar, zip, mp3, pdf, jpg, gif, bmp, docx, xlsx, dan pptx. Apabila ditemukan file dengan extension yang dipilihnya itu, maka virus itu akan membuat duplikat dengan nama yang sama dengan file yang ditemukannya itu hanya saja ia memiliki extension .vbs. Dan file aslinya, akan diberi attribut hidden dan system sehingga tidak terlihat pada explorer.

Stealth

Ia pun dapat menyamarkan diri dengan menggunakan icon dari dokumen lain. Pada program Virus Generator ini terdapat opsi “Penyamaran icon VBS” dengan pilihan extension, antara lain doc, xls, ppt, rar, zip, rtf, mp3, jpg, gif, dan bmp.

Misalkan extension yang dipilih adalah doc, maka nantinya saat komputer terinfeksi oleh virus ini, icon dari setiap file .vbs akan berubah menjadi icon seperti dokumen Microsoft Word (doc). Cara yang dilakukannya tentu saja dengan bantuan Registry, yakni dengan mengambil nilai dari DefaultIcon untuk extension doc yang seterusnya ia pakai untuk DefaultIcon untuk extension vbs. Tidak hanya itu, ia juga mencontek Type Information dari extension doc, jadi pada Explorer, setiap file vbs, Type Information nya akan terbaca sebagaimana file doc, yakni Microsoft Word Document bukan lagi sebagai VBScript Script File. Apalagi untuk menambah penyamarannya ia pun membuat sebuah value baru lagi dengan nama NeverShowExt pada extension vbs. Ini membuat explorer tidak akan menampikan extension dari setiap file vbs. Tentu ini akan semakin mempersulit user dalam membedakan antara virus dan dokumen asli.

Restriction

Demi mempertahankan kelangsungan hidup virus hasil buatannya, Generator ini memiliki opsi untuk memblokir program atau fitur Windows yang dikehendaki, seperti Task Manager, Registry Editor, MsConfig, Command Prompt, dan Attrib. Jadi, misalkan user menjalankan program Task Manger (taskman.exe),
Windows malah akan menjalankan Notepad yang berisi bahasa binary yang merupakan isi dari file taskman.exe.
Selain itu, akses terhadap menu Find/Search dan Folder Options akan dihilangkan. Tapi sebelumnya, ia akan mengeset Folder Options untuk tidak menampilkan file dengan attribut hidden dan system, dan tidak menampilkan extension yang dikenal Windows. Dan terdapat pula opsi “Disable Merge Reg”, “Disable Install Inf”, dan “Disable Edit Vbs”. Maksudnya, user tidak akan bias melakukan Merge pada file Registry (.reg), tidak bisa melakukan Install pada file .inf, dan tidak bisa melakukan edit terhadap file.vbs. Karena bila user melakukannya, virus ini akan me-logoff komputer dengan memanggil file logoff.exe milik Windows.

Polymorphic

Pembuat generator ini lebih tepatnya menamakannya sebagai “Polimorfi g CRC”. Dari penulisannya saja sudah salah, tapi apakah rutinnya juga salah? Perlu diketahui sebelumnya, bahwa jika rutin virus ini dibuka, pada bagian atas source code atau tubuh virus akan terdapat string “Rem Sega3971486091”. Kata Sega di sini merupakan nama virus, dan ini akan tergantung pada apa nama virus yang dibuat saat itu, sementara angka numerik di belakangnya merupakan bilangan acak. Dan yang dilakukan virus ini untuk ber-polymorphic adalah dengan cara menggenerate ulang nilai random yang nantinya akan menggantikan nilai random yang sudah ada sebelumnya di awal badan virus itu.

Encryption

Untuk mempersulit pendeteksian, Vir.VBS Generator ini memiliki kemampuan untuk mengenkripsi virus buatannya. Untuk mendekripnya pun cukup menggunakan rutin decryptor yang ada pada tubuhnya. Enkripsi yang digunakan adalah sandi geser atau Caesar Cipher yang digunakannya ditambah dengan teknik reverse atau membalik kata/kalimatnya. Misalkan string “WScript.Shell” akan menjadi “mmfi T/uqjsdTX”.

Time-Bomb

Pembuatnya dapat mengeset tanggal dari bom waktu. Apabila tanggal sesuai, virus tersebut akan membuat item Run baru di Registry yang memanggil perintah logoff dan shutdown yang dijalankan saat memulai Windows. Jadi, user akan sulit untuk login pada tanggal tersebut. Selain itu, ia pun akan mencoba membaca folder Recent untuk menghapus file–file yang baru saja Anda buka. Jadi, berhati–hatilah.
Silahkan download.tapi sebelumnyta disable/uninstall dulu antivirus anda.

Note: Seluruh software/file yang ada di My-Rengat.blogspot.com telah diujicoba terlebih dahulu. Jika anda memiliki kendala dalam mendownload file/software di My-Rengat.blogspot.com silahkan daftar >disini< terlebih dahulu.



Bookmark and Share

0 comments:


Post a Comment

 

Followers

About Me

My photo
Rengat, Riau, Indonesia
Tidak ada yang spesial dari seorang pelajar SMA Negeri 1 Rengat, yang gila ngeblog dan ingin berbagi mengenai computer internet dan masih terus belajar khususnya tentang blogspot, joomla. Blog yang didedikasikan untuk seluruh manusia yang membutuhkan informasi yang sekiranya bermanfaat.